PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN
KRISTEN
(M.Pd.K)
STT RAHMAT EMMANUEL JAKARTA
Silabus
Mata Kuliah :
Evaluasi PAK
Kode Mata Kuliah : -
Bobot :
2 SKS
Semester :
Dosen Pengampu :
Dr. Yonas Muanley, M.Th.
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini diberi bobot 2 sks (100 menit) tatap muka di kelas. Mata
kuliah ini membahas tentang evaluasi input, proses dan hasil belajar Pendidikan
Agama Kristen. Pembahasan difokuskan pada penilaian berdasarkan Penilaian Acuan
Normatif (PAN) serta reliabilitas dan validitas tes. Materi perkuliahan yang
diberikan meliputi pembahasan tentang: pengertian evaluasi, jenis dan fungsi
evaluasi, jenis dan bentuk tes, analisis butir tes, tingkat kesulitan, daya
pembeda, dan daya pengecoh yang sesuai dengan PAK, penyusunan tes PAK (SD, SMP,
SMA/SMK, dan PT)
Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu menguasai teori
evaluasi dan menerapkan dalam Pendidikan Kristen.
Sistem Penilaian/Evaluasi Hasil
Belajar
Keberhasilan mahasiswa dalam
perkuliahan Evaluasi PAK ditentukan oleh prestasi mahasiswa dalam:
1.
Kehadiran dalam perkuliahan ............ : 10 %
2.
Tugas Terstruktur :
a.
Tugas Awal dan Presentasi : 25
b.
Tugas Akhir ........................................ : 30
3.
UTS
.................................................... :
15
4.
UAS ................................................... : 15
Hasil Kesepakatan dengan Mahasiswa:
1.
Kehadiran dalam perkuliahan : 10 %
2.
Tugas Terstruktur :
a.
Tugas Awal dan Presentasi .............. : 35
b.
Tugas Akhir ........................................ : 55
3.
UTS ............................................... : (diganti ke T. Awal)
4.
UAS .............................................. : (diganti ke T. Akhir)
Kompetensi Dasar dan Pokok-pokok
Bahasan/Materi Kuliah
Materi pada tabel dibawah ini tidak dirumuskan
dalam bentuk Kompetensi dasar tetapi dalam bentuk topik-topik kuliah.
No
|
Materi Pembahasan
|
Tugas Mahasiswa
|
1
|
Sejarah Evaluasi
|
|
2
|
Istilah Evaluasi dan Istilah Lainnya
|
|
3
|
Jenis Evaluasi
|
|
4
|
Teori Evaluasi
|
|
5
|
Model-model Evaluasi
|
|
6
|
Proses Evaluasi
|
|
7
|
Evaluasi Kurikulum
|
|
8
|
Evaluasi Perpustakaan
|
|
9
|
Evaluasi Buku Teks
|
|
10
|
Profesi Evaluasi
|
|
11
|
Standar Evaluasi
|
|
12
|
Budaya Evaluasi
|
|
13
|
Evaluasi Meta
|
|
14
|
Jenis dan fungsi Evaluasi
|
|
15
|
Manfaat Evaluasi Pembelajaran
|
|
16
|
Objek Evaluasi:Input, proses, output
|
|
17
|
Jenis dan bentuk Tes
|
|
18
|
Analisis Butir Tes/soal
|
|
19
|
Tingkat Kesulitan Tes/soal
|
|
20
|
Daya Pembeda Tes/soal
|
|
21
|
Daya Pengecoh Tes/soal
|
|
22
|
Penilaian Acuan Normatif (PAN)
|
|
23
|
Penyusunan Tes PAK di SD
|
|
24
|
Penyusunan Tes PAK di SMP
|
|
25
|
Penyusunan Tes PAK di SLTA
|
|
26
|
Penyusunan Tes PAK di PT
|
SUMBER BACAAN:
1. Dr. Wirawan, MSL., Sp.A.,M.M., M.Si. Evaluasi:
Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi Contoh Aplikasi Evaluasi Program:
Pengembangan Sumber Daya Manusia, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat
(PNPM), Mandiri Perdesaan, Kurikulum, . Perpustakaan, dan Buku Teks. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2011
Untuk Mahasiswa yang membuku buku ini dapat dilihat di sini
2.
Materi
Suplemen, Pelatihan Applied Approach (Ancangan Aplikasi). Universitas Negeri
Solo
4.
Subino,
Konstruksi dan Analisis Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta : Depdikbud, 1987
5.
W.S.
Winkel. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Gramedia, 1983
6.
Mahasiswa
dapat mengakses dari Sumber Internet: khususnya materi Evaluasi dari
doses-dosen: UI, UPI, UNY, UNS, UGM, Universitas Petra dan Universitas lainnya.
0 komentar: