Rabu, 15 Mei 2013

Judul Disertasi yang visioner: Pemanfaatan Free Weblog sebagai Bahan Ajar Online di STT



Kegembiraan saya yakni realisasi dari salah satu variable disertasi saya yaitu: “Pemanfaatan Free Weblog sebagai Bahan Ajar Online” dalam menunjang Efektivitas Proses Pembelajaran di STT. Judul lengkap dari disertasi saya yaitu: Pengaruh Kompetensi Paedagogik, Motivasi Berprestasi Dosen, Integrasi Pendidikan Karakteristik Unggul Berdasar Didaktik Yesus Kristus, Pemanfaatan Free Weblog sebagai Bahan Ajar Online Terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran di STT.
Waktu diuji ada penguji yang menyatakan bahwa “kita sudah tahu” tidak ada temuan baru dalam disertasi saudara. Saya katakana ya dan tidak. Ya memang semua sudah tahu Blog tetapi sangat sedikit yang menggunakan Blog untuk mempublikasikan bahan ajar menjadi sumber online yang dapat diakses oleh mahasiswa dan umum. Ketika saya membuka blog salah satu penguji, ya isi blognya bagus tapi tampilannya (templatenya) biasa-biasa saja, tetapi di blog saya (dengan sedikit bangga) saya katakan berbeda. Ada tombol-tombol navigasi untuk Silabus, Standar Kompetensi, Materi kuliah, Tugas Mahasiswa, Ujian Online, Nilai online dan lain-lain. Silakan pembaca mencari di google Indonesia dengan kata kunci: Bahan Ajar Online Berbasis Free weblog maka akan ditemukan sejumlah mata kuliah yang saya asuh di beberapa STT. Pembaca juga dapat mencari di google dengan kata kunci: Blog Dosen Teologi, Blog Dosen Pendidikan Agama Kristen Indonesia, Saya rindu menjadi salah satu penggagas di STT yang memanfaatkan Blog sebagai media yang efektif untuk eksistensi dosen dalam menulis dan mempublikasikan tulisan. Memang ini sifatnya gratis, tida ada yang membayar kita, tetapi kita harus memiliki motivasi berprestasi. Saya bermimpi suatu saat kita hidup layak dengan pekerjaan “Blogger Profesional” dengan tidak meninggalkan pekerjaan mengajar. Saya sudah mulai menikmati berpenghasilan online melalui blog gratis seperti Blogspot. Suatu saat saya akan tunjukkan penghasilan saya. Saya membangun blog dengan susah paya sejak tahun 2009, kini baru aku mulai menikmatinya yaitu “penghasilan online”, sedang di mobil oikumene (angkot umum) ada sms, telp dan cek email ya ada pesanan produk. Ha ha ha
Guru swasta/dosen swasta memang penghasilannya menyedihkan, tetapi ayo rekan-rekan guru dan dosen mari kita cari solusi, kita menjadi solusi penghasilan, sambil tetap menanti roti-roti yang jatuh dari meja tuan (pemilik yayasan, sekolah dll). Roti yang jatuh kadang kecil tetapi marilah kita berjuang dalam didaktik Yesus Kristus.

Salam
Dr. Yonas Muanley, M.Th.

Gelar Doktor ditempuh di STT Rahmat Emmanuel Jakarta tahun 2012, sebuah STT yang menerima kami secara baik, sambutan ketua harian yaitu Bapak Harisa Supit, M.Si. dan memungkinkan kami menyelesaikan Studi (ujian disertasi) dengan mengikuti beberapa kuliah penyesuaian oleh Dr. John Virgil, M.Th.

Kuliah Program Doktoral sejak tahun 2008 di STT Baptis Indonesia Semarang, dan pindah (surat-surat lengkap: Transkrip, surat pindah, surat kelakuan baik selama studi yang dikeluarkan Rektorat STT Baptis Semarang). Saya sudah mengajukan judul disertasi di STT Baptis Semarang tetapi karena faktor jarak Jakarta dan Semarang maka kami bertemu ketua STT dan selanjutnya di Jakarta mengirim surat pengunduran diri dan diterima secara baik. Terimakasih untuk Almamater saya yang pernah membentuk saya, walau saya tidak menyelesaikan di STT Baptis Semarang tetapi sistem kuliah di STT Baptis Semarang sangat menolong saya.
Previous Post
Next Post

About Author

5 komentar:

  1. Menarik, menulis disertasi dgn topik blogging. Yang saya lakukan sebalikny, membuat blog dgn materi dari hasil tesis s2 dan disertasi s3 (brberapa bagian saja). Http://muditakpt.blogspot.com
    Http://muditaept.blogspot.com
    Http://barubelajarmmeneliti.blogspot.com
    Blog matakuliah para guru besar memang kebanyakan tidak interaktif ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih pak Wayan, saya sdh memposting Bab III Disertasi saya di Kolokium Metodologi Penelitian dan selebihnya adalah saya membuat Bahan Ajar Online Berbasis Free Weblog. Bisa diakses di google. Misalnya Bahan Ajar Online Filsafat Ilmu, Menggagas Penulisan bahan Ajar Online berbasis free weblog di STT dan masih banyak lagi.

      Hapus
    2. Salam. Pak Yohannes apakah saya bisa mendapatkan abstractnya? untuk keperluan proposal disertasi? terima kasih

      Hapus