Jumat, 26 April 2013

Pengertian Evaluasi Pendidikan


 Banyak bahkan ribuan definisi tentang evaluasi, beberapa diantara sekian definisi itu dapat dikemukan sbb:

Seacara harafiah kata evaluasi  berasal dari bahasa Inggris “evaluasi”, dalam bahasa Indonesia berarti: “penilaian”. Akar katanya adalah “value”, dalam bahasa Indonesia berarti “nilai”. Jadi secara harafiah, evaluasi pendidikan diartikan penilaian dalam (bidang) pendidikan atau  penilaian mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan.[1]

Edwind Wandt dan Gerald W.Brown (1977) dalam Anas Sudijono (2006): evaluasi adalah suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai dari sesuatu.[2]

Evaluasi adalah riset untuk mengumpulkan , menganalisis, dan menyajikan informasi yang bermanfaat mengenai objek evaluasi, menilainya dengan membandingkannya dengan indikator evaluasi dan hasilnya dipergunakan untuk mengambil keputusan mengenai objek evaluasi (Wirawan, 2011:7)
Evaluasi adalah suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai dari sesuatu. 
Norman E. Gronlund dalam Purwanto Ngalim, medefinisikan bahwa Evaluasi adalah suatu proses yang sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran telah dicapai oleh siswa.
Wrightsone dan kawan-kawan, mendefinisikan  "evaluasi pendidikan" adalah penaksiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan siswa ke arah tujuan-tujuan atau nilai-nilai yang telah ditetapkan di dalam kurikulum.


[1] Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2006), hlm. 1
[2] Ibid
Previous Post
Next Post

About Author

0 komentar: